Bebek Tidak Mengerami Telurnya

Alasan bebek tidak mengerami telurnya-Banyak yang bertanya, kenapa bebek tidak mengerami telurnya? Hal ini adalah hasil proses domestikasi. Apa itu domestikasi? Domestikasi adalah proses penjinakan hewan menjadi ternak. Seperti halnya ayam ras petelur yang hanya bisa bertelur.
bebek tidak bisa mengerami telurnya

Jika dijelaskan secara ditail, hewan adalah jenis binatang yang masih liar, kalau ternak adalah hewan yang diperuntukan untuk kebutuhan manusia seperti telur, daging dan susu. Pemeliharaannya pun di kelola oleh manusia. Itulah bedanya hewan dengan ternak. Jelasnya, bisa membaca UU No 18 tahun 2004 tentang peternakan dan kesehatan hewan.

Menurut dongeng islam kenapa bebek hanya bisa bertelur adalah berawal dari zaman Nabi Sulaiman AS, Nabi Sulaiman AS senantiasa memberi pelajaran kepada semua hewan di muka bumi tentang keterampilan yang harus dikuasai oleh hewan-hewan sejagad. Nabi Sulaiman adalah salah satu nabi yang bisa berkomunikasi dengan hewan.

Suatu hari Nabi Sulaiman AS memerintahkan semua perwakilan hewan yang berjenis unggas untuk berkumpul menerima ilmu yang akan Beliau sampaikan. Beliau akan menerangkan ilmu bagaimana unggas menetaskan telurnya setelah unggas betelur. Dalam hikmatnya para hewan mendengarkan pelajaran. Perwakilan dari bebek tertidur dan terbangun ketika Nabi Sulaian AS telah selesai memberikan ilmu tentang mengerami telurnya. Oleh sebab itu, Bebek sampai sekarang tidak bisa mengerami telurnya sendiri karena kesalahan wakil dari bangsanya.

Dongen diatas hanyalah sebuah dongeng. Karena bebek tidak bisa mengerami, telur telur bebek akan langsung dijual atau dikonsumsi. Kebiasaan orang desa yang eman-eman, telur bebek dititipkan ayam atau itik manila yang sedang mengeram. Hasilnya tetap menetas walaupun kurang maksimal ketika sudah menetas. Ibu angkat tidak seperti ibu kandung, hehe.

Berdasarkan kajian yang benar, bebek mengalami proses domestikasi atau sering disebut penjinakan oleh nenek moyang kita. Dulunya bebek bisaa mengeram, sama seperti unggas lainnya. Ilmu yang sama pun terjadi ketika belajar ayam ras petelur. Ayam ras petelur adalah final stock, hasil atau gol dari persilangan yang melalui gallur murni, GGPS, GPS, PS dan terakhir final stock atau ayam komersil. Demikian sedikit ilmu yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

0 Response to "Bebek Tidak Mengerami Telurnya"

Post a Comment

Translate