Mengatasi bulu kelinci yang rontok

Mengatasi bulu kelinci yang rontok-Sebelum lebih jauh memahami bagaimana cara mengatasi bulu rontok, saya sedikit menjelaskan kenapa bulu rontok dan apa penyebabnya. Hal ini sangat penting untuk dipahami oleh para peternak kelinci ataupun yang hoby memelihara kelinci.
kelinci dengan bulu rontok

Bulu rontok pada kelinci disebabkan oleh dua hal, antara lain dewasa kelamin dan pengaruh suhu. Saat kelinci dewasa kelamin, kelinci akan mengalami rontok bulu atau pergantian bulu anakan menjadi bulu dewasa yang lebih pendek dan halus. Istilah ini disebut moulting. Bagi anda yang mendapati kejadian semacam ini jangan panik karena ini sudah seharusnya terjadi pada kelinci.

Proses moulting biasanya dimulai dari bulu kepala bagian dahi. Peternak justru harus menjaga proses moulting ini aman dan cepat selesai. Kalau bisa dibantu merontokan bulunya secara perlahan dengan lap basah. Kelinci saat moulting harus selalu bersih, karena perlindungan dari bulu sedikit hilang.

Kedua, jika rontok bulu terjadi bukan ketika kelinci dewasa kelamin itu biasanya disebabkan oleh perubahan suhu yang drastis. Nah, biasanya perontokan bulu alami atau normal dimulai umur 5-7 bulan, karena masa itu kelinci sedang dewasa kelamin. Untuk rontok bulu yang disebabkan suhu diakibatkan karena bulu kelinci beradaptasi dengan suhu lingkungan.

Akibat dari adaptasi itu kelinci gampang mati, terutama anakan. Bagi peternak  yang dikhawatirkan bukanlah bulu rontok yang terjadi melainkan pengaruh suhu lingkungan yang drastis penyebab kelinci mati. Jadi usahakan ketika bulu rontok hangatkan kandang kelinci saat malam hari.

Mengatasi kelinci bulu rontok itu gampang tinggal  siapkan lap dan air hangat. Kemudian basuh tubuh kelinci agar bulunya cepar rontok dan suhu kelinci lebih hangat. Dengan melakukan begitu bulu yang beradaptasi dengan suhu yang dingin akan beradaptasi dengan air hangat sehingga bulu rontok akan berhenti.

Demikian ulasan mengenai bulu rontok pada kelinci yang kadang menjadi kekhawatiran peternak kelinci piaraan pemula. Lakukan berulang ulang sampai kondisi kelinci hangat. Semoga bermanfaat dan terima kasih..

0 Response to "Mengatasi bulu kelinci yang rontok"

Post a Comment

Translate